KARAKTERISTIK DA’I

Page

Dari sekian banyak komponen dalam da’wah, da’i merupakan komponen paling penting.Sebab da’i merupakan pusat dari gerakan da’wah itu sendiri. Tanpa kehadiran seorang da’i, tidak mungkin gerakan da’wah akan bisa berjalan. Karena itu kajian tentang da’i harus menjadi perhatian utama dalam sebuah gerakan da’wah.
Agar gerakan da’wah dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan kehadiran seorang da’i yang memiliki karakteristik yang lengkap. Setidaknya ada empat karakter yang harus dimiliki oleh setiap da’i, yaitu:

1. Iman yang bisa melahirkan keikhlasan
Orang yang ikhlas adalah orang yang seluruh aktivitas hidupnya diarahkan hanya untuk Allah SWT. Dan hanya untuk mendapatkan keridhoan Allah Swt. Setiap orang yang beriman harus dapat mencapai derajat ikhlas itu.Dengan demikian, tugas pertama dan tugas utama seorang da’i adalah menanamkan keimanan dan keikhlasan dalam hati jamaahnya.Dalam logika yang sederhana, tidak mungkin seorang da’i bisa menanamkan keikhlasan dalam hati jamaahnya, jika ikhlas itu belum tertanam dalam hati si da’i.Karena itu, iman yang harus dimiliki oleh seorang da’i adalah iman yang bisa melahirkan keikhlasan.Ikhlas dan tidaknya seorang da’i dalam berda’wah tidak bisa dilihat secara kasat mata oleh orang lain. Yang tahu hanya dia dan Allah Swt., karena ikhlas itu urusan isi hati.Walaupun demikian kita masih bisa mendeteksi melalui ucapannya.

2. Memiliki ilmu yang bisa melahirkan amal
Maka salah satu kebiasaan yang harus dimiliki oleh seorang da’i adalah kegiatan belajar dengan terus menerus memahami dan mendalami ajaran Islam dengan cara menelaah isi dari al-Quran dan As-Sunnah. Sehingga ilmu yang dimilikinya akan senantiasa bertambah, dan da’wah yang dilakukannya akan senantiasa berisikan ilmu yang dimilikinya itu. Yang harus diingat kemudian, dalam ajaran Islam, ilmu harus senantiasa diikuti oleh amal, karena keduanya memiliki hubungan yang sangat erat.

3. Memiliki Akhlaq Yang Bisa Melahirkan Keteladanan
Salah satu kunci sukses da’wah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (Saw.) adalah karena keagungan akhlak beliau. Allah Subhanahu wa ta’ala (Swt.) sendiri mengakui keagungan akhlak Rasulullah Saw. ini dengan memujinya dalam al-Quran. Ia berfirman:
“Dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (al-Qalam: 4)

4. Memiliki Wawasan Kekinian Yang Bisa Melahirkan Semangat Dakwah
Wawasan kekinian yang harus dimiliki oleh para da’i dapat mencakup semua aspek. Dari mulai wawasan politik, ekonomi, sosial, keamanan, hingga lingkungan. Dalam kaitannya dengan masalah ini, Syeikh Mustafa Masyhur menyebutkan bahwa ada tiga tsaqofah fikriyah (wawasan berfikir) yang harus dimiliki seorang da’i, salah satunya adalah para da’i mesti mengetahui kondisi dan situasi dunia Islam, dahulu dan sekarang, mengenal musuh-musuh Islam dan mengetahui cara dan tindak-tanduknya. Dia juga harus mengetahui peristiwa-peristiwa aktual yang mempengaruhi kondisi kaum muslimin dari dekat ataupun jauh. Mengetahui siapakah golongan yang bekerja di bidang da’wah Islam, kecenderungan dan cara-cara mereka, bagaimana bentuk kerja sama yang perlu dibuat bersama-sama dengan mereka, dan persoalan-persoalan lain yang patut diketahui oleh orang-orang yang aktif dalam gerakan Islam.

Leave a comment